Selasa, 08 April 2014

Let's be Psycho Together

It's a mind trick!

Aku selalu suka film yang menceritakan soal kepribadian. Saat kepribadian menjelaskan suatu fenomena, saat pemikiran menjelaskan suatu pandangan soal kehidupan, 

Sebuah kisah persahabatan masa sekolah antara Patrick (Ezra Miller), Charlie (Logan Lerman), dan Sam (Emma Watson). Menurutku, Charlie - tipe pemuda yang overthink. Dia berpikir kenapa dirinya terlalu berbeda. Saat ia tidak pandai dalam berteman, bersosialisasi, apalagi masalah percintaan, Charlie membanding dirinya dengan Patrick yang supel, disukai banyak orang, ekspresif, dan fun fact ternyata he's GAY

Sam dan Patrick datang dengan membawa suasana ceria yang berhasil menghidupkan semangat Charlie. Ada bagian diri Charlie yang secara perlahan 'terbuka' dan menerima bagaimana pola pikir orang lain. Mungkin kita dapat menyebutnya dengan 'proses perubahan'.
"Bukan menjadi orang lain, tapi mengambil sisi lain dari diri sendiri itu kadang diperlukan"
Saat nonton film tahun 2012 yang disutradarai oleh Stephen Chbosky ini, aku merefleksikan diri Charlie ada padaku. Lebih tepatnya mungkin ke semua orang. Diterima atau tidaknya, kita semua punya personality yang berbeda, baik bergantung pada siapa lawan bicaranya atau apa keadaannya. Setuju ngga?! 

Lagi, aku mengulang.. bukan berarti kita berubah menjadi orang lain ya. Menurutku, kemampuan manusia yang satu ini dipenuhi dengan mind trick. Sebuah sikap bukan disebut licik ataupun picik. Dengan akal budi, sikap ini seharusnya terjadi secara otomatis ya. Kadang perbedaan motivasi dan kebiasaan yang menjadi salah dua faktor manusia enggan menggunakannya. Sehingga orang ke-kini-an banyak yang lebih meminta untuk dimengerti dan merasa dunia tak adil. Manusiawi, aku-pun masih seperti ini. 

Maka dari itu, tidak apa jika di waktu senggang kita memilih waktu untuk memanjakan diri (bukan berarti harus ke salon ya :p). Di moment kita tidak perlu berinteraksi dengan orang lain, di waktu itulah... kita menjadi bagian diri sendiri seutuhnya. 


Beberapa quotes dari "The Perks of being A Wallflower"

Hal yang aku ceritakan di atas, juga menyesuaikan untuk berbagai topik kehidupan lho. Maksudku di poin percintaan ya :) Saat ada 'proses perubahan', saat mulai banyak pemikiran, di saat itulah.. indahnya perjalanan dan nikmatnya hasil yang diciptakan. Ini mengacu pada happy ending dari cerita film ini ya :)

Oh iya, di film ini.. aku pun menyukai satu lagu tahun 1980-an yang pump-up semangat dari Dexys Midnight Runners. Enjoy when you read this!


Dexys Midnight Runners - Come On Eileen